WORLDCUP 2018 – Pelatih Jerman, Joachim Loew, tak menyebut timya sebagai favorit kuat juara dunia 2018 nanti. Adalah Brasil yang disebutnya pantas diunggulkan di Rusia.

Tentu saja pernyaataan Loew ini mengejutkan mengingat tiga tahun lalu mengingat Jerman memberi mimpi buruk untuk Brasil di semifinal Piala Dunia 2014 lalu. Thomas Mueller dkk. menang telak 7-1 dan akhirnya muncul sebagai juara.

BACA JUGA : Wayne Rooney Akan Pensiun Setelah Piala Dunia 2018

Brasil selepas turnamen itu malah melorot drastis prestasinya dengan tersingkir di perempatfinal Copa America 2015 dan fase grup Copa America Centenario 2016. Boleh dibilang sejak jadi tuan rumah Piala Dunia, Brasil dalam titik terendahnya.

Namun semenjak Tite datang sebagai pelatih baru tahun lalu, Brasil mulai menunjukkan perbaikan dengan meraih sederet kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan kini malah jadi pemuncak klasemen. Mereka hanya kalah sekali sejak ditangani Tite yakni saat ditaklukkan 0-1 oleh Argentina beberapa pekan lalu di laga friendly.

Brasil malah jadi tim pertama yang memastikan lolos ke putaran final selain tentunya tuan rumah Rusia.

Dengan perubahan besar yang dilakukan Tite terutama dari sisi permainan serta kualitas para pemainnya, Loew percaya Brasil yang dipimpin Neymar adalah favorit utama di Piala Dunia tahun depan dan bukan Jerman.

“Saya yakin Brasil sudah belajar dari pengalaman itu dan melupakan hasil di semifinal. Mereka pun sudah banyak berubah,” tutur Loew seperti dikutip Soccerway.

“Hasil setelah Piala Dunia 2014 memang berubah sangat positif. Mereka memenangi banyak pertandingan dan lebih kuat saat ini,” sambungnya.

“Mereka adalah salah satu dari favorit di turnamen itu karena mereka punya pemain luar biasa, pemain yang tampil di seluruh liga di dunia.”

“Banyak pemain bertalenta di sana dan Brasil selalu jadi favorit di Piala Dunia,” tuntasnya.


LEAVE A REPLY